Jual Boneka DANBO Photography Murah
Rabu, 09 Oktober 2013
0 komentar

Jenis-jenis Port dan Fungsi Port Pada Komputer

Apa yang dimaksud PORT ?
Port merupakan colokan yang terpasang dibagian belakang atau depan case yang berfungsi sebagai penghubung antara komponen di dalam unit sistem dengan peranti di luar.

Jenis-jenis Port

Berikut Fungsi dan Jenis-Jenis Port Pada Komputer

  • Port USB
    Port USB merupakan port yang paling banyak digunakan dan paling populer. Port ini dapat digunakan untuk menghubungkan berbagai piranti keras seperti scanner, camera digital, printer, zip drive dan sebagainya. Port USB mempunyai kecepatan tinggi bila dibandingkan dengan port serial atau port paralel. 
  • Port SCSI
    Port SCSI kepanjangan dari Small Compter System Interface. Port SCSI merupakan jenis port yang memungkinkan koneksi antar piranti dalam bentuk sambung menyambung. Port ini mempunyai kecepatan tranfer tinggi yaitu 32 bit per waktu, biasa digunakan untuk menghubungkan scanner, printer, hard drive, dan tape drive. Konektor yang digunakan adalah DB- 25 dan 50 pin Centronics SCSI. 
  • Port Serial
    Port ini biasa digunakan untuk melakukan tranmisi data yang beroreintasi pada pengiriman sebuah bit per waktu, karena sifatnya demikian pegiriman data berjalan agak lambat, biasanya digunakan untuk mengoneksi piranti seperti : mouse, printer, Card reader, modem, PLC (programmable Logic controller), pembaca kartu maknetik dan pembaca barcode. Port ini sering dinyatakan dengan nama COM. Konektor yang digunakan adalah RS-232C dengan 9 pin atau 25 pin. 
  • Port Parallel
    Port Parallel atau sering disebut port LPT bekerja atas dasar 8 bit perwaktu, cocok untuk pengiriman data dengan cepat, tetapi dengan kabel yang pendek (tidak lebih dari 15 kaki). Biasanya digunakan untuk printer parallel, dan zip drive. Konektor yang digunakan adalah DB-25 yang terdiri dari 25 pin. 
  • Port Infra Merah
    Port ini digunakan untuk mendukung hubungan tanpa kabel, misalnya untuk menghubungkan mouse yang menggunakan infra merah sebagai media tranmisi, mengirim data dari ponsel, dan sebagainya. 
  • Port-Port Lain
    Banyak port lain yang tidak tergolong pada port-port diatas, misalnya port untuk monitor, port keyboard, port mouse, port speaker, port jaringan, port , dll.

0 komentar:

Posting Komentar

 
Toggle Footer
Top